Penataan Disesuaikan Kebutuhan Pedagang

KUDUS- Ekonomi rakyat benar-benar terus diperkuat di Kudus. Dari seluruh sektor penyangga ekonomi rakyat teruus diperhatikan. Salah satunya adalah pedagang yang ada di pasar klitikan/barang bekas di Kudus.

Akhir tahun lalu, para pedagang yang menempati lokasi non-permanen di sekitar Kaligelis ini, kini telah bisa menjalankan aktivitasnya di pasar yang layak. Yakni di lokasi bekas pasar hewan di Jati yang bersebelahan dengan pasar burung.

Untuk melihat secara langsung kondisi pasar klitikan tersebut, Bupati Kudus H. Musthofa didampingi Pj. Sekda, Kepala Dinas Perdagangan, dan Camat setempat mendatangi pasar tersebut, Jumat (2/3). Di lokasi yang cukup luas tersebut, satu per satu pedagang disapa Bupati dua periode tersebut.

Bupati mengatakan, bahwa Pemkab melalui Dinas Perdagangan terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan para pedagang. Bahkan, kepindahan pedagang ke sini dilakukan secara sukarela dan penuh kebahagiaan.

”Inilah wujud bukti keseriusan mereka (pedagang, red). Sehingga saya berharap pasar klitikan ini menjadi episentrum barang bekas di Kudus,” harap Bupati.

Siang tersebut, Bupati juga mendengar harapan para pedagang. Salah satunya yakni usulan mengenai papan arah ke lokasi tersebut. Sehingga para pembeli tidak kebingungan dan bisa menemukan lokasi pasar klitikan dengan mudah.

”Bicara tentang bisnis harus ada kemapanan. Artinya harus ada kepastian tempat. Dan Pemkab sudah memberikannya. Mereka nyaman dan tentunya tidak terusik lagi,” lanjutnya.

Dengan kenyamanan ini, tentu pedagang bisa punya keyakinan untuk berjualan dengan lebih baik. Ke depan pasar klitikan ini akan terus ditata. Dan penataan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan harapan para pedagang.

”Saya selalu berpesan pada OPD saya untuk selalu mendengar apa harapan mereka. Melihat yang sesungguhnya, yang akhirnya bisa merasakan. Termasuk dalam mendesain penataan ini kami serahkan para pelaku, yakni pedagang. Karena saya yakin mereka punya semangat yang lebih baik,” imbuhnya.

Salah seorang pengunjung pasar, Imam, mengaku nyaman dengan keberadaan pasar di lokasi baru ini. Ketika para pedagang bisa berjualan dengan baik dan nyaman, para pembeli pun tentunya demikian. Yakni juga bisa merasakan kenyamanan untuk memilih barang yang akan dibelinya.

”Terima kasih, Pak Bupati yang telah menata pasar ini dengan baik. Saya nyaman datang ke sini,” katanya.(*)