Warga Kudus Inginkan Musthofa Bupati Seumur Hidup

KUDUS -Wajah sumringah terpancar dari ribuan siswa dan guru serta tenaga kependidikan di Kudus. Pasalnya Bupati Kudus H. Musthofa menyerahkan bantuan sosial kepada 1.182 siswa dan 332 guru/tenaga kependidikan di GOR Bung Karno, Kudus, Kamis (28/12).

Pagi yang diwarnai hujan tersebut memberikan terasa hangat manakala para siswa tetap bisa melanjutkan pendidikannya demi masa depan. Mereka adalah dari keluarga kurang beruntung yang menjadi tanggung jawab negara dalam hal pendidikan ini.

Bupati Kudus tidak ingin mendengar tangisan ada anak yang tidak bersekolah karena persoalan biaya. Sejak tahun 2009 lalu dirinya telah memberikan beasiswa bagi anak-anak Kudus. Bahkan kini dari SD hingga SMP negeri telah gratis karena dibiayai APBD.

“Kudus paku buminya pendidikan. Negara hadir dan bertanggungjawab atas biaya pendidikan warganya. Karena pendidikan ini fondasi menyiapkan generasi penerus bangsa,” kata Bupati pada acara yang juga dihadiri orang tua siswa tersebut.

Ditegaskannya, bahwa tidak lagi ada persoalan mengenai biaya pendidikan. Termasuk yang tidak tercover KIP, Bupati dua periode ini akan memberikan beasiswa berupa bantuan sosial. Yang diberikan secara langsung by name, by address, by school.

“Maka saya minta Camat dan Kades untuk mengecek di wilayahnya. Jangan sampai ada yang terhambat ekonomi dalam hal pendidikan,” tegasnya.

Bahkan Bupati telah beberapa tahun ini memberikan bantuan beasiswa perguruan tinggi bagi yang berprestasi. Bukan hanya biaya pendidikan namun juga biaya hidup. Ada sembilan anak yang berkesempatan meraih itu dari tiap kecamatan.

“Bantuan ini kami berikan secara utuh melalui transfer. Kalau ada yang berani memotong atau ada pungutan, laporkan saya,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang wali murid, Abdullah, asal Loram Wetan, Jati, mengucapkan terima kasih atas bansos pendidikan ini. Dia tidak bisa membayangkan apabila tidak ada bansos ini tidak tau kelanjutan nasib pendidikan anaknya.

Termasuk berbagai program pro rakyat yang lain, Musthofa dinilainya sangat berpihak pada masyarakat. Bukan hanya pendidikan, namun juga kesehatan, kesempatan kerja, sosial, kependudukan, serta berbagai kebijakan yang lain.

“Kalau boleh, kami ingin Pak Musthofa bisa menjadi Bupati Kudus seumur hidup,” harap Abdullah.

Namun demikian, Abdullah turut mendoakan Musthofa selalu sehat dan diberi kekuatan dalam memimpin Kudus. Termasuk dilancarkan cita-citanya untuk memimpin Jateng. Sehingga pendidikan di Jawa Tengah juga maju sebagaimana di Kudus.(*)