Thursday , 19 October 2017

Home » Uncategorized » Bupati Kudus Motivasi Mahasiswa Pertanian UMK

Bupati Kudus Motivasi Mahasiswa Pertanian UMK


KUDUS-Kedaulatan pangan adalah hidup-matinya bangsa. Jika tidak terpenuhi bisa terjadi malapetaka. Untuk itu perlu upaya maksimal untuk mewujudkannya demi tercapainya ketahanan pangan. 

Demikian disampaikan Bupati Kudus H. Musthofa memberi motivasi mahasiswa pertanian di Universitas Muria Kudus (UMK), Jumat (22/9). Bupati mengutip pernyataan Presiden Soekarno mengenai pentingnya kedaulatan pangan bagi sebuah bangsa.

Melihat adanya tantangan mengenai pengembangan pertanian, Bupati meminta mahasiswa UMK tidak hanya belajar secara normatif. Namun harus bisa berinovasi mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah.

“Silakan para mahasiswa datang ke Dinas Pertanian dan Pangan Kudus. Penandatangan MoU ini sebagai wujud kebersamaan pemerintah dan civitas akademika memajukan pertanian,” tegas Bupati yang baru saja meneken MoU kerjasama dengan Rektor UMK ini.

Pemkab Kudus pun telah berupaya untuk mengoptimalkan lahan pertanian yang ada. Salah satunya dengan membangun infrastruktur berupa bendungan Logung. Target rampung di 2018 bisa memberikan manfaat secara maksimal bagi para petani.

“Termasuk adanya kemajuan teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindari. Untuk itu mahasiswa bersama para penyuluh diminta menjadi pelopor penerapan teknologi ini,” imbuhnya pada acara yang dihadiri penyuluh pertanian dari wilayah pantura timur ini.

Upaya lain Pemkab yakni dengan pengaturan musim tanam, penyusunan RDKK pupuk bersubsidi, serta adanya coverage asuransi bagi petani. Tentunya ini butuh kebersamaan bersama para petani, penyuluh, dan peran mahasiswa.

Acara ini juga dihadiri Rektor UMK Dr. Suparnyo serta dua pembicara lain. Yakni Prof. Dr. Darsono dari UNS serta Warsana dari Ketua DPW Perhitani Jateng. Juga dirangkai dengan agro expo yang menyajikan berbagai produk unggulan pertanian.

Rektor mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk menggali dan memperkenalkan produk pertanian lokal. Khususnya di kawasan pegunungan Muria. Agar siap menghadapi persaingan pasar bebas.(*)

Bupati Kudus Motivasi Mahasiswa Pertanian UMK Reviewed by on . KUDUS-Kedaulatan pangan adalah hidup-matinya bangsa. Jika tidak terpenuhi bisa terjadi malapetaka. Untuk itu perlu upaya maksimal untuk mewujudkannya demi terca KUDUS-Kedaulatan pangan adalah hidup-matinya bangsa. Jika tidak terpenuhi bisa terjadi malapetaka. Untuk itu perlu upaya maksimal untuk mewujudkannya demi terca Rating: 0

Related Posts

Leave a Comment

scroll to top