Infrastruktur dan Pelayanan Terus Ditingkatkan

KUDUS-Syech Ja’far Shodiq atau Sunan Kudus adalah seorang tokoh Walisongo. Tak heran apabila makamnya yang berada di kompleks Menara Kudus tak pernah sepi peziarah. Dari sekitar Kudus bahkan dari seluruh tanah air.

Hadirnya ribuan orang setiap hari itu butuh pelayanan dan kenyamanan para peziarah. Bukan hanya dari sisi infrastruktur tetapi juga adanya sistem yang bagus dan didukung pelayanan yang baik.

Salah satu keseriusan Bupati Kudus H Musthofa yaitu menata taman terminal dengan baik untuk memberi kenyamanan tersendiri. Becak yang keluar masuk bisa teratur dengan rapi sesuai urutan tanpa berebut. Termasuk penataan pada pedagang yang membuat suasana terminal wisata makin cantik.

Sarana dan prasarana jalan ditata dengan baik. Bahkan ojek, becak, dan angkutan lain diberikan harga tiket yang seragam, sehingga para peziarah tidak akan takut ditarik dengan harga di liar kewajaran.

“Kami terus tingkatkan kenyamanan bagi peziarah. Yakni dengan sistem satu tiket satu harga,” kata Bupati Kudus saat menyapa ribuan peziarah baru-baru ini.

Di Sela sela kesibukannya Musthofa sering menyempatkan menyambut langsung para peziarah tersebut.

Bupati dua periode itu, juga berpesan agar para tukang becak dan ojek serta angkutan lain menaati lalu lintas, tertib, serta melayani yang terbaik.

“Saya minta semuanya berikan layanan terbaik yang ramah untuk para tamu (peziarah, red) yang datang ke Kudus,” imbuhnya.

Selain itu, Musthofa juga menyiapkan duta wisata yang tugasnya memberikan pelayanan informasi dan memandu peziarah.

Salah seorang pengunjung asal Batang Dimyati juga merasakan kenyamanan dengan sistem tiket ini. Dia bersama rombongan benar-benar terlayani baik tanpa “ditengkik” (Diminta harga mahal – Red). Sehingga para peziarah bisa nyaman dan pelayanan lebih teratur.

“Tentang fasilitas, berbeda dengan beberapa tahun lalu. Kini sudah bagus, bersih, dan nyaman,” kata Dimyati.

Komentar lain diungkapkan oleh Karno asal Pati Jateng. Dirinya merasakan kenyamanan ketika sampai di terminal wisata Kudus ini. Mulai dari kebersihan, sarana prasarana, bahkan servis dari para petugas yang ada.

“Terima kasih Pak Bupati Musthofa. Penataan di sini sudah bagus dan saya bersama rombongan merasa nyaman,” ungkap Karno.(*)