Optimalkan Sumberdaya yang Ada untuk Melayani

KUDUS- Di tahun terakhir jabatan Bupati Kudus H. Musthofa tetap ingin ada peningkatan kualitas layanan publik. Semua ASN Pemkab Kudus diharapkan terus memacu kinerja terbaiknya untuk masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Kudus H. Musthofa saat memberikan pembinaan bagi para ASN di Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus, Senin (2/4). Didampingi Kepala Dishub dan Kepala BKPP, Bupati memotivasi semangat para ASN yang bekerja di dinas yang terkait dengan kelancaran lalu lintas ini.

Dalam melayani publik, para ASN diminta untuk bisa memanusiakan manusia. Yakni melayani secara tulus sesuai dengan aturan yang ada. Termasuk untuk tidak melakukan pungli.

“Apalagi sekarang sudah ada saber pungli dan KPK. Namun saya yakin di dishub tidak ada pungli,” kata Musthofa.

Untuk bisa melayani dengan baik, ASN diminta untuk benar-benar paham aturan dan tupoksi serta punya integritas dan komitmen untuk melayani. Tanpa itu semua rasanya sulit untuk memberikan pelayanan optimal.

“Selanjutnya taati pimpinan, serta diskusikan segala persoalan yang ada,” tambahnya.

Kreativitas Kepala OPD juga dituntut untuk bisa menjadi pemimpin bagi para ASN yang ada. Bagaimana seorang pimpinan bisa mengelola semua sumber daya yang ada untuk kemajuan bagi dinasnya serta peningkatan pelayanan bagi publik.

“Ini tantangan bagi kepala dinas. Karena saya ingin ketika saya berakhir, semua ASN hebat dan tetap punya semangat,” harap bupati dua periode ini.

Di akhir arahannya, Bupati tetap meminta adanya sinergi dengan OPD lain. Karena pada prinsipnya, semua OPD adalah satu kesatuan yang tidak terpisah dalam Pemkab Kudus. Koordinasi yang baik inilah yang bisa membawa kemajuan Kudus.

“Ibarat orkestra, saya ini tinggal jadi dirijen saja. Kepala OPD inilah sebagai pemainnya yang harus kreatif dan inovatif,” pungkasnya.(*)