Berdayakan UMKM untuk Membangun Ekonomi Nasional

SEMARANG- Untuk menciptakan sebuah hasil yang optimal, butuh keseriusan dalam upaya pencapaiannya. Salah satunya butuh adanya sinergi dan kemitraan harmonis dari semua pemangku kepentingan. Yang tujuan akhirnya menghasilkan karya yang bermanfaat untuk peningkatan kehidupan yang lebih baik.

Dengan demikian, dalam dunia bisnis, sinergi penting artinya bagi pengembangan jaringan. Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dan memasarkan produk yang dihasilkan secara lebih luas. Yang tentunya harus didukung produk yang berkualitas dan memiliki daya saing.

Untuk pengembangan bisnis, Forum Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Tengah bersinergi dengan Ikatan UKM Bisnis Indonesia (IKUBI). Acara ini berlangsung di Semarang dan dihadiri Pembina Forum UMKM Jateng H. Musthofa dan Ketua Umum Ikubi Pusat Jarot Trisunu pada Minggu (4/3).

Musthofa yang juga Bupati Kudus ini berharap adanya sinergi ini akan lebih memberdayakan, memperkuat, dan melebarkan sayap Forum UMKM. Apabila selama ini jejaring yang dibangunnya hanya di lingkup Jateng, dengan adanya kerjasama ini jejaring bisnisnya bisa lebih luas ke level nasional bahkan internasional.

”Termasuk ketika ada menemui kendala dalam bisnis, anggota Forum UMKM bisa saling bertukar pengalaman untuk mencari solusi dari IKUBI ini,” kata Bupati dua periode ini.

Kendala dalam pengembangan bisnis bukan hanya sebatas pemasaran saja. Melainkan mulai dari sisi permodalan hingga menciptakan produk yang berkualitas bahkan inovasi. Karena nilai tambah (added value) sebuah produk yang beda akan lebih menarik di pasaran.

Kerjasama ini, lanjutnya, tidak semata-mata hanya dari ‘jualan’ saja. Melainkan ada sebuah semangat yang sama untuk membangun bangsa dengan memperkuat ekonomi secara nasional. Hal ini sesuai nawa cita Presiden RI Jokowi untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan mewujudkan kemandirian ekonomi.

”Potensi UMKM di Indonesia sangat besar. Apabila tergarap secara baik, diorganisir secara teratur, tentu ini aset bangsa yang luar biasa untuk kemandirian ekonomi,” lanjut Bupati yang bergelar doktor ilmu sosial ini.

Hal ini disambut baik oleh Ketua Umum IKUBI Jarot Trisunu dalam sinergi ini. Jaringan IKUBI yang telah terbangun di seluruh Indonesia tentu bisa menjadi poin plus pengembangan market Forum UMKM. Begitu pula sebaliknya manfaat bagi pengembangan IKUBI di Jawa Tengah ini.

”Semoga kerja sama IKUBI dan Forum UMKM ini bisa membawa manfaat secara nyata bagi kita. UMKM berdaya akan meningkatkan kesejahteraan untuk membangun kekuatan ekonomi secara nasional,” kata Jarot.(*)