Layanan Kesehatan dan Pendidikan Juga Ditingkatkan

KUDUS -Kualitas pelayanan publik di Kudus terus ditingkatkan. Bupati Kudus H. Musthofa terus mendorong semangat para pelayanan publik agar semakin baik bahkan hingga akhir jabatannya. Karena Dia tidak ingin mendengar ada keresahan masyarakat atas semua layanan publik.

Demikian disampaikan Bupati Kudus saat memberikan pembinaan di Jekulo dan Mejobo, Senin (15/1). Di dua wilayah tersebut, Bupati dua periode tersebut bersilaturahmi pada kepala desa, tenaga kesehatan, dan tenaga pendidikan.

Dikatakan bupati, bahwa visinya pada sepuluh tahun memimpin Kudus, adalah masyarakat yang semakin sejahtera. Untuk mewujudkannya tidak hanya sekadar slogan semata. Namun butuh kebijakan dan tindakan nyata yang didukung seluruh jajarannya.

Salah satunya adalah adanya dana desa yang jumlahnya terus meningkat di tahun 2018 ini. Bupati berpesan pada para kepala desa agar pembangunan di desa bisa terwujud secara baik dengan kucuran dana desa. Di Kudus tahun ini dana desa sebesar Rp. 117,96 miliar dan ADD sebesar Rp. 109,18 miliar.

Untuk mengoptimalkan penggunaan dana ini, kades diwajibkan memegang prinsip 4T. Yakni tepat aturan, tertib administrasi, tepat sasaran, dan tepat manfaat. Agar bisa memberi manfaat maksimal dan tidak terkena persoalan hukum.

“Rencanakan seluruh kegiatan pembangunan dengan komunikasi dan koordinasi dengan BPD dan tokoh masyarakat secara musyawarah,” pesan Bupati.

Apalagi di era yang serbateknologi dan era generasi milenial, perubahan cepat terjadi. Oleh karenanya kades juga dan pelayanan lain harus mau terus belajar dan mengikuti perkembangan. Agar bisa memberikan layanan sesuai zaman yang ada.

“Di zaman now ini, media online dan media sosial juga harus diikuti. Karena mungkin ada informasi yang dibutuhkan atau butuh tindakan segera,” tambahnya.

Yang tak kalah penting, tambahnya, kondusivitas wilayah adalah harga mati yang harus tetap dijaga. Dan ini bisa terwujud dengan sinergi, komunikasi, dan koordinasi semua pihak termasuk masyarakat.

Selain memberikan pembinaan, bupati juga ingin bersilaturahmi dan melihat langsung kondisi pelayanan publik yang ada. Salah satunya pelayanan kesehatan puskesmas.

“Saya ingin Kudus juara. Maka semuanya harus punya integritas dan terus meningkatkan profesionalisme,” pesannya.

Salah seorang yang mengikuti kegiatan ini, dr. Emy Ruyanah menyambut baik kegiatan ini. Terlebih selama kepemimpinan bupati Musthofa, seluruh OPD diberi kebebasan berinovasi untuk kualitas layanan publik.

“Terima kasih, Pak Musthofa yang memberikan kesempatan kami berekspresi dalam pelayanan publik,” kata dr. Emy yang juga kepala Peskesmas Jekulo ini.(*)