Saturday , 25 November 2017

Home » Bupati » Berita » Musthofa Beberkan Strategi Mengembangkan UMKM Jateng

Musthofa Beberkan Strategi Mengembangkan UMKM Jateng

SURAKARTA-Keingintahuan dan antusiasme mahasiswa terlihat jelas, saat menjadi peserta Seminar “Strategi Pengembangan UMKM di Jateng” di Aula Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Negeri Surakarta (UNS) beberapa waktu lalu. Acara tersebut dihadiri ratusan mahasiswa Pascasarjana Manajemen dan mahasiswa jurusan lainnya dengan menghadirkan pembicara tunggal H. Musthofa Bupati Kudus.

Acara yang berlangsung menarik ini dimoderatori Dr. Nuryakin dan dibuka oleh Kepala Prodi S2/Magister Manajemen Prof. Dr. Asri Laksmi Riani, MS; Musthofa dengan gamblang menyampaikan strategi pengembangan UMKM Jateng yang sangat potensial.

Dikatakan Musthofa bahwa ekonomi nasional ditopang oleh ekonomi rakyat melalui UMKM ini. Porsi usaha mikro menempati porsi terbesar 98,77%. Uniknya lagi, sektor ini tidak terimbas krisis moneter.

“Pelaku UMKM jangan hanya statis dan menunggu. Tetapi harus ada terobosan dan adanya kehadiran negara, agar UMKM naik kelas,” jelas Bupati dua periode.

Untuk menaikkan kelas UMKM, Bupati yang juga pelaku usaha ini menggandeng pihak yang berkompeten untuk mendobrak tatanan normatif. Diantaranya menggandeng Ivan Gunawan serta pakar marketing Hermawan Kertajaya.

“Hasilnya juga untuk para pelaku usaha. Salah satunya fashion show bordir Kudus di Australia. Untuk menembus pasar ekspor,” jelasnya.

Sedangkan untuk memperluas jaringan bisnis, perlu adanya sebuah wadah untuk mereka bisa memperluas relasi. Termasuk peran kerjasama antar pemda dibutuhkan sebagai fasilitator.

Salah seorang peserta seminar mengaku senang bisa mendapat ilmu yang sangat berharga ini. Muzakki menuturkan tidak mudah bisa mendapat ilmu dari seorang pakar ekonomi seperti Musthofa ini.

“Sangat menginspirasi apa yang dipaparkan Pak Musthofa ini. Semoga memberi manfaat besar bagi kami dan untuk Indonesia tentunya,” papar Zakki.

Sedangkan Prof. Asri mengapresiasi kegiatan yang sangat bagus ini. Harapannya para mahasiswa bisa mengimplementasikan ilmu dari seorang praktisi ekonomi ini.(*)

Musthofa Beberkan Strategi Mengembangkan UMKM Jateng Reviewed by on . SURAKARTA-Keingintahuan dan antusiasme mahasiswa terlihat jelas, saat menjadi peserta Seminar "Strategi Pengembangan UMKM di Jateng" di Aula Fakultas Ekonomi Bi SURAKARTA-Keingintahuan dan antusiasme mahasiswa terlihat jelas, saat menjadi peserta Seminar "Strategi Pengembangan UMKM di Jateng" di Aula Fakultas Ekonomi Bi Rating: 0

Leave a Comment

scroll to top