Tarawih dan Silaturahmi Bersama Bupati Kudus

KUDUS- Prinsip 4T selalu dipedomani Bupati Kudus H. Musthofa. 4T yang merupakan singkatan tepat aturan, tertib administrasi, tepat sasaran, dan tepat manfaat ini diterapkan pada seluruh penggunaan keuangan dan pelayanan publik. Termasuk bantuan sosial bagi masyarakat.

Hal ini ditegaskannya saat acara tarawih dan silaturahmi bersama (Tarhima) Bupati Kudus di Masjid Hidayatul Abidin, Besito, Gebog, Kamis (17/5). Malam itu bupati menyerahkan bantuan sarpras peribadatan, bantuan bedah rumah, serta santunan kematian yang totalnya Rp. 709.500.000,-.

Bupati menegaskan bahwa bantuan yang diserahkannya diterimakan secara utuh. Tanpa potongan. Sehingga membawa manfaat yang bisa dirasakan secara nyata oleh penerima. Bahkan bantuan yang bisa diserahkan secara tunai, Bupati meminta masyarakat menghitung saat itu juga.

“Apabila Bapak/Ibu mengetahui adanya penyelewengan, laporkan! Kami serahkan secara utuh. Dan jangan ada pihak yang mengaku memungut untuk proses pencairan,” tegas Bupati dua periode ini.

Bahkan untuk bantuan bedah rumah, Bupati meminta partisipasi seluruh masyarakat untuk membantu. Karena nominal yang diserahkan merupakan stimulan untuk menggugah peran aktif masyarakat yang dipimpin kades dan tokoh setempat.

Pada tarawih malam kedua Ramadan tersebut, Bupati mengingatkan bahwa masjid bukan sekadar tempat untuk beribadah. Namun lebih dari itu sebagai tempat bermusyawarah dan berbagai kegiatan untuk kemaslahatan umat.

“Termasuk saya meminta masjid sebagai tempat untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan dan persaudaraan,” imbuhnya.

Kudus yang memiliki masyarakat beragam ini harus dibangun dengan toleransi dan semangat persaudaraan. Toleransi tersebut sebagaimana diajarkan Kangjeng Sunan Kudus yang tetap terjaga hingga sekarang.

“Jangan terprovokasi isu. Tetap jaga persaudaraan dengan pemahaman agama yang baik. Mari bangun Kudus semakin baik, dengan masyarakat yang semakin sejahtera,” pesan Bupati yang juga memohon maaf atas kepemimpinannya selama sepuluh tahun ini.(*)