Bukan Hanya Membangun secara Fisik

KUDUS- Bupati Kudus H. Musthofa telah menutup secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Manunggal Sengkuyung I Tahun 2018 pada Kamis (3/5). Acara penutupan ini dilangsungkan secara istimewa yakni di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus.

TMMD yang telah berlangsung selama 30 hari ini telah membangun secara fisik dan nonfisik. Diantaranya pengecoran jalan sepanjang 487 meter dengan lebar 2,5 meter dan pembuatan talud sepanjang 50 meter dengan tinggi 2 meter.

Selain itu, untuk program nonfisik ada berbagai penyuluhan diantaranya wawasan kebangsaan untuk menangkal radikalisme dan kerukunan antarumat beragama. Ada pula penyuluhan kamtibmas, serta kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Bupati memberikan apresiasi sekaligus harapan bahwa kegiatan ini benar-benar membawa manfaat untuk masyarakat. Bukan hanya pekerjaan fisik namun juga kegiatan untuk membangun mental masyarakat terutama generasi muda.

 

“Membangun karakter bangsa ini sangat penting. Terutama dalam mencetak generasi muda yang kompetitif,” kata Bupati yang menyebut bahwa era sekarang adalah era industri 4.0.

Bupati dua periode ini juga menyampaikan terima kasih semua pihak yang telah berperan memberikan sumbangsih dalam kemanunggalan TNI dengan rakyat ini. Sesuai dengan tema yakni ‘Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa’.

Menyinggung mengenai tahun 2018 adalah tahun pesta demokrasi, Bupati berpesan agar seluruh elemen masyarakat tetap menjaga persatuan dan persaudaraan. Menurutnya, perbedaan pilihan jangan dijadikan alasan untuk memecahbelah.

“Jangan percaya dan menyebar berita hoax dan ujaran kebencian. TMMD ini sebagai landasan kehidupan untuk membangun dalam berbangsa dan bernegara,” katanya pada TMMD dengan anggaran sebesar Rp. 368,16 juta yang Rp. 200,95 juta diantaranya berasal dari APBD Kabupaten Kudus.(*)