Juga Pastikan Stok Beras Aman

KUDUSĀ Untuk menjamin stok pangan terutama beras di Kudus aman, Bupati Kudus H. Musthofa datangi Pasar Baru, Rabu (10/1). Kedatangannya ini untuk melihat situasi kebutuhan di lapangan terkait ketersediaan dan harga beras yang ada di pasar tersebut.

Bersama Kepala Sub Divre Bulog Pati Muhammad Taufiq dan Kepala Disdag Kudus, Bupati langsung bertemu pegadang beras di Pasar Baru dan Pasar Bitingan. Disebutkan oleh pedagang bahwa memang ada kenaikan harga beras yang berkualitas bagus.

Bupati Kudus ingin memastikan masyarakat terlayani dengan baik akan kebutuhan pokok pangan ini. Oleh karenanya Dia mengajak pihak Bulog yang telah siap menyediakan stok beras medium dengan harga lebih murah.

“Saya ingin menjaga kestabilan harga beras dengan baik dengan stok yang cukup. Memastikan stok yang ada sesuai dengan kebutuhan,” kata Bupati siang itu.

Sesuai kesepakatan seluruh pedagang, mereka menjual beras medium di pasar seharga Rp. 8.200. Setelah dikalkulasi untuk tahap ini kebutuhan beras medium di Pasar Bitingan dan Pasar Baru sekitar 36 ton.

Menyinggung mengenai akan segera tibanya musim panen itu bukan masalah. Bupati menyebut ada segmentasi dan selera bagi masyarakat. Namun bagi masyarakat yang menghendaki beras harga murah, beras medium sebagai solusinya.

“Pedagang sudah sepakat dengan harga tersebut. Dan tentu ini akan dipatuhi semua pedagang,” lanjutnya yang telah menyediakan pasar yang bagus.

Sebagai informasi, tahun lalu Bupati telah membangun pasar baru sebagai kekuatan ekonomi rakyat dengan kondisi representatif. Tentu lebih memberikan kenyamanan bagi pedagang maupun pembeli dalam bertransaksi.

Sementara itu, Taufiq mengatakan

Pemerintah melalui Bulog telah menyediakan 5.000 ton untuk Bulog wilayah Divre Pati. Yakni beras medium yang dijual ke pedagang seharga Rp. 8.000/kg.

“Saat ini tersedia 200 ton beras medium tersebut di gudang dan siap distribusi hingga ke pasar ini,” kata Taufiq.(*)