Buka Bersama di Pendapa Kabupaten

KUDUS- Bangkitnya gairah perekonomian di Kudus tak lepas dari para pelaku ekonomi. Termasuk peran serta pemerintah yang telah memberdayakan bangkitnya ekonomi rakyat. Sebagaimana yang dilakukan Bupati Kudus H. Musthofa selama 10 tahun ini.

Bupati yang mengawali memimpin Kudus di tahun 2008 ini, fokus untuk pemberdayaan ekonomi rakyat melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada pilar pertama programnya. Hal ini direalisasikannya dengan menata pedagang kaki lima (PKL) dan menaikkan kelas UMKM.

Kebersamaan bersama PKL terlihat jelas saat Bupati Kudus berbuka bersama dengan para PKL dan Pelaku UMKM di pendopo kabupaten.  Seusai doa, mereka menyantap hidangan berbuka  bersama yang telah disajikan. Bupati Kudus makan bersama semua yang hadir dalam keakraban lesehan di Pendapa Kabupaten, Kamis (24/5).

Kenyamanan berjualan bagi PKL di Kudus diungkapkan oleh Jayadi yang saban harinya berjualan di Jalan Bhakti. Dia mengaku nyaman dan senang bisa mencari nafkah di Kudus selama kepemimpinan Bupati Musthofa.

“Terima kasih, Pak Bupati. Kami telah ditata dengan baik,” kata Jayadi mewakili rekan-rekannya sesama PKL.

Hal senada juga disampaikan oleh Suningsih warga Loram Wetan, Jati. Suningsih yang merupakan tetangga dari kampung halaman Musthofa ini mengaku telah nyaman dan berterima kasih bisa berkesempatan berdagang/jasa permainan anak di Kawasan Sport Center.

“Saya berharap nantinya kami tetap bisa berjualan dan mencari rezeki dengan nyaman. Sebagaimana yang diberikan Pak Musthofa pada kami selama ini,” harap Suningsih.

Harapan tersebut sangat wajar mengingat jabatan Musthofa yang tersisa tiga bulan terakhir ini. Oleh karenanya, Bupati yang akan datang diharapkan paham dengan aspirasi warganya, termasuk para PKL sebagaimana yang dilakukan Musthofa.

Menanggapi hal ini, Bupati Kudus H. Musthofa juga menyampaikan terima kasih atas kebersamaan selama ini. PKL dan UMKM bisa ditata dan bersinergi untuk meningkatkan perekonomian. Bahkan untuk UMKM, kini semakin berkembang bukan hanya level nasional tetapi internasional.

“Saya bangga sore ini. Bapak/Ibu hadir di sini tidak sendirian, hadir bersama anak-anak dan keluarganya ini menunjukkan kekeluargaan kita,” kata Bupati dua periode ini.

Selama memimpin, program pro rakyat telah dituntaskan. Termasuk memberikan legalitas berjualan bagi para PKL. Dia berharap ke depan Kudus semakin baik dan maju. Meski nantinya sudah mengakhiri sebagai Bupati, namun Musthofa ingin melihat kemajuan Kudus di masa mendatang.

“Saya sebagai manusia biasa tentu tak luput kesalahan. Kami mohon maaf jika dalam melayani Bapak/Ibu ada kekurangan,” kata Musthofa dalam suasana hangat sore itu.(*)